Entri Populer

Sunday 17 April 2016

Studio Alam TVRI Depok

   Jalan-Jalan ke Studio Alam TVRI Depok

 
   Jalan-jalan kali ini kita menuju Studio Alam TVRI Depok, ternyata deket dengan rumah, 4 KM kalau lewat jalan KSU/Pemancar RRI, waktu berangkat lewat Jalan Boulevard Grand Depok City ternyata muter. Studio Alam TVRI Depok sendiri berada di jalan Raden Saleh Sukmajaya Depok, 1 km dari rumah sakit HGA (Hasanah Graha Afiah). Dulu menjadi tempat syuting film Rumah Masa Depan dan Aku Cinta Indonesia. Dengan luas sekitar 30 hektar, Studio Alam TVRI Depok terdiri dari 19 rumah adat, kemarin waktu kesana juga ada rumah yang baru di bangun dan rumah yang terbengkalai, atau memang di  buat seperti itu untuk kepentingan syuting film. Ada danau di sebelah kiri pintu masuk, kemudian ada lapangan tenis dan baru tahun 2001 di buka untuk kepentingan umum dan syuting film atau sinetron baik oleh TVRI atau TV swasta.
   
   Tanggal 10 April kemarin, cinta ulang tahun, jadi cari tempat buat jalan-jalan. Rencananya cuma lari pagi saja, entah di UI atau di CFD di Grand Depok City, ehm pertamanya mau ke air panas di bogor, tapi jauh, karena masih banyak tugas jadi gak jadi, searching di internet, wisata alam yang deket di depok, ternyata ada Studio Alam TVRI. Jadi di depok bukan hanya Mall dan apartemen, ada wisata alam. Pagi hari, setelah bersiap-siap kita langsung berangkat, rencananya langsung lari saja ke sana, tapi takut salah jalan malah jauh akhirnya naik motor.
Studio Alam TVRI Depok
Pintu masuk setelah pembayaran tiket masuk

   Kita berangkat lewat Jalan Boulevard Grand Depok City, sekalian melihat CFD dan yang jualan di GDC. Nanti di pertigaan menuju jalan Abdul Ghani sudah ada penunjuk jalan, belok kiri ke arah Studio Alam, lurus terus, ada penunjuk jalannya tiap pertigaam. Jalan Kemang Raya, Jalan Raden Saleh, kalau jalan Raden Saleh yang deket dengan Studio Alam TVRI nama jalannya menjadi Jalan Raden Saleh (Studio Alam) kalau masih Jalan Raden Saleh masih agak jauh. Kalau sudah ketemu Indomaret Raden Saleh sudah dekat, pelan-pelan saja. Kalau dari arah GDC, jalan menuju pintu masuk Studio Alam TVRI ada di sebelah kanan, plang namanya di atas gak kebawah.

   Kalau naik angkot naik naik D09 dari terminal depok, nanti lewat ITC,Polres Depok, Jl. Siliwangi, RS Hermina Depok, Jl. Tole Iskandar, Jalan Raden Saleh, dekat daerah RS HGA siap-siap turun, jalan menuju pintu masuknya sebelah kiri. Masih turun ke bawah sekitar 500 meter, di sebelah kanan ada pangkalan ojek kalau pulangnya menunggu angkot terlalu lama. Harga tiketnya untuk mobil Rp. 10.000, motor Rp. 5.000, pejalan kaki Rp. 1000. Kita sampai sana masih pagi, ada kegiatan kenaikan tingkat salah satu pencak silat, ada yang senam pagi, ada yang gathering juga.
Studio Alam TVRI Depok
Rumah adat sebelahnya lapangan tenis
    Pertama kita muter naik motor, begitu masuk langsung lurus, sudah berasa sejuknya, di kiri ada aula yang ada tulisannya TVRI, depan ada Lapangan Tenis, sebelah kanan sudah ada rumah adat, belok kanan ada rumah yang modern, rumah adat yang kembar, gubuk ada 2 buah, jalan masih aspal, setelah ini jalan batu. Di pertigaan di kanan ada 2 rumah yang sudah agak lama, di kiri ada 6 rumah yang baru. Nah di pertigaan ini kita bingung kiri apa kanan, akhirnya belok kiri, sini sudah hutan di kiri kanan. Lurus terus sampai ada pertigaan lagi, kita ambil ke arah kiri, di sebelah kiri hutan, sebelah kanan ada situ. Disini setelah jalan lurus ada ru,ah yang cukup besar, rumah modern. Kalau lurus terus nanti sampai ke tempat sebelum masuk ke studio alam.

   Setelah muter naik motor, kita berencana untuk mengelilingi studio alam TVRI dengan jalan kaki, Setelah markir motor di dekatnya aula, kita langsung foto-foto. Pertama foto di rumah setelah pintu masuk, ada 3 buah rumah. Setelah itu lanjut rumah yang berdekatan dengan lapangan tenis. Semuanya masih rumah adat. Lalu kita lanjut belok kanan dari pintu masuk, waktu jalan ada 2 kuda yang berjalan dengan santai, iya 2 ekor kuda yang sepertinya dilepas, jadi mereka seperti di alam liar, agak-agak geli gimana, takut di tabrak sama kuda.
Studio Alam TVRI Depok
Cinta ketemu kuda,tapi takut
   Setelah  itu kita foto-foto, di kanan ada 1 buah rumah modern, dan 2 rumah adat, yang sepertinya mirip. Jalan lagi nanti ada 2 gubug, yang agak ke tengah hutan tidak di pinggir jalan. Setelah jalan aspal habis, di kanan ada 2 gubug, di kiri ada 6 buah rumah yang masih baru di bangun. Mulai dari sini sudah berasa di hutan, kanan kiri pepohonan dan di iringi dengan suara hewan. Di pertigaan kita belok kiri, benar-benar bisa menghirup udara bebas polusi, waktu jalan beberapa langkah, di belakang kita ada gerombolan kerbau yang lari, ke arah kanan dari pertigaan. Mungkin ada sekitar 15 ekor kerbau. Mau di foto tapi takut di tabrak haha.

   Jalan lagi, sampai ketemu dengan pertigaan lagi, dari arah kanan ada dua orang pemancing. Kita tanya dari arah sana ada apa saja, mereka menjawab cuma hutan saja, tidak ada apa-apanya lagi, akhirnya kita belok kiri, di kanan ada situ yang cukup luas, di sebrangmya rumah penduduk, ada yang mancing juga. Foto sebentar di rumah modern yang besar, jalan lagi ketemu dengan mushola. Di sebelah mushola ada perkumpulan orang-orang yang sedang gathering. Jalan terus sampai di pintu masuk lagi.

Studio Alam TVRI Depok
bagian hutan di Studio Alam TVRI Depok
  Karena penasaran dengan kerbau, akhirnya kita ngambil motor buat nyari kerbau, ya biar gampang kabur kalau di kejar sama kawanan kerbau, Kita langsung lewat jalan tadi sampai di pertigaan pertama setelah jalan aspal habis, tadi waktu jalan kaki kita belok kiri, nah sekarang belok kanan. Suasananya masih sama, seperti di hutan beneran, kanan kiri pohon, dan banyak pohon bambunya. Jadi meskipun sudah agak siang masih berasa sejuk, tidak terlalu panas. Ketemu pertigaan lagi, jalan sebelah kiri tidak meyakinkan, padahal setelah tanya ke pedagang tempat kerbaunya berkumpul ya di arah itu, tapi kita belok ke arah kanan, tembusnya di pintu masuk lagi, ya gak ketemu kerbau dah.

   Akhirnya istirahat sebentar beli bakso, dan beli es, setelah itu pulang, tapi lewat KSU, cuma 4 KM saja dari rumah.

Rute Menuju Studio Alam TVRI Depok

1.Dari Terminal Depok Baru naik angkot D.09 turun di studio alam TVRI Depok
2, Dari arah margonda-ITC depok-Polres Depok-Belok Kiri-RS Hermina Depok-Jl. Tole Iskandar-Jl. Raden Saleh-RS HGA-Kiri jalan Studio Alam TVRI Depok
3.
Depok, 17 April 2016

Cap Jempol 

Awan Jingga

No comments:

Post a Comment