Entri Populer

Tuesday 5 April 2016

Berendam di Air Panas Cangar Batu

Kota Batu yang berhawa dingin, juga mempunyai sumber air panas alami, yakni Pemandian Air Panas Cangar, terletak di kawasan Hutan Raya Soeryo, di kaki Gunung Welirang, sumber belerang yang membuat airnya panas. 14 km dari hotel selecta, jadi rutenya cukup mudah, dari alun-alun kota batu ke arah barat, ke arah tempat wisata selecta, lampu merah pertama belok kanan, ada papan penunjuk arah, 6 km lagi tempat wisata selecta, jalanan mulai naik, tapi masih ada perkampungan, 13 km dari tempat wisata selecta baru sampai ke pemandian air panas cangar. Kalau jalan terus, nanti bisa tembus ke Pacet Mojokerto
        Biasanya, sebelum ke Cangar, berburu sunrise dulu di Paralayang, berangkat habis subuh, lihat sunrise, turun, ngopi dulu payung, payung ini tempat makan, ngopi, di sepanjang jalan menuju pujon, viewnya bagus kalau malam hari, habis ngopi, turun lagi, terus mandi air panas di cangar. Sudah sering ke cangar, tapi kali ini spesial ada cinta. Kita ke cangar, 3 hari sebelum nikahannya kakanya mega, dan 4 hari sebelum kita ke Jakarta. Rencananya mau ke Hawaii Water Park Malang, tapi waktu lihat antrian masuknya sampai ke jalan, akhirnya kita memutuskan cari tempat lain yang bisa berenang, soalnya udah bawa baju renang, akhirnya kita ke cangar.

Pemandian air panas cangar
Sebelum pintu masuk atas, banyak yang jualan di kiri dan kanan

Karena sudah jam 10, pasti jalan juga macet, akhirnya lewat jalan tembusan, jalan RRI, terus tembus ke arah belakang UMM, nanti tembusnya jalan pandan rejo, jadi gak melewati alun-alun kota batu, sudah deket sama tempat wisata selecta. Perjalanan masih lanjut lagi, ketika sudah di jalanan naik turun, viewnya bagus, tapi nanti foto-fotonya pas pulang, berendam dulu di air panas.
Pintu masuknya ada 2, parkiran atas sama parkiran bawah, sama saja, aku biasanya di parkiran atas, banyak yang jualan juga jadi enak habis berendam, ngemil-ngemil, meskipun di dalam juga ada yang jualan, dan yang paling khas penjual tape ketan hitam, bawa air ketan hitam juga boleh untuk oleh-oleh. Setelah markir motor, langsung masuk untuk beli karcis masuk, cuma Rp. 5.500 per orang.
Parkiran motor
Parkiran motor, enak teduh gak kepanasan gak kehujanan

Pintu masuk Cangar
Sebelah kiri jalan menuju parkiran bawah dan menuju Pacet, sama parkiran motor, sebelah kanan parkiran mobil, pintu masuknya lewat gapura

Setelah bayar karcis, langsung menuju ke pemandian, sekarang ada flyng fox, terakhir ke sini belum ada, udah setahunan mungkin, tantangan pertama, jalan undak-undakan, kalau turun enak, baru waktu pulang pasti berasa hihihi. Setelah itu langsung ke pintu masuk, sebelum masuk, ada tempat yang luas, biasanya orang-orang bawa karpet, yang gak renang atau udah, nunggu di situ sambil tiduran, sebelum pintu masuk melewati jalan menuju goa jepang.
Goa Jepang Cangar
Pinginnya masuk, tapi cuma berdua, takut nanti terjadi hal-hal yang diinginkan, belum nikah soalnya hihi

Kolam air panasnya ada 3, satu gak terlalu lebar, nah ini air panas cangarnya, cuma bisa buat berendam, cuma selutut, pinnggirnya batu-batu semua, kalau pusing mungkin terlalu banyak menghirup belerang, jadi pindah dulu atau makan dulu.
Kolam kedua, kolam cukup besar, seperti kolam renang, ada perbedaan kedalaman juga, yang paling dangkal setelingaku, mungkin 150 cm, terus kolam untuk anak-anak, mepet sama kolam yang buat anak dewasa, airnya hangat, gak sepanas kolam yang pertama tadi.
Kolam air panas cangar
Disini bisa buat renang, airnya gak sepanas kolam satunya

Kalau mau masuk kolam ini, harus bayar dulu, 5 ribu kalau gak salah, lupa, jadi biasanya aku habis renang, makan tape ketan hitam, baru berendam di Air Panas
Tape Ketan Hitam Cangar
Makan tape ketan item dulu setelah renang, sebelum berendam

Di belakang kita, kolam Air Panasnya, berjubel2 kalau hari sabtu minggu atau hari libur, mulai dari yang sekedar berendam, rheumatik, kena penyakit kulit ngumpul jadi satu, kalau pusing mentas dulu yaa

Setelah berendam, di bilas terus ganti baju, kita di bilasnya tidak di kamar mandi deketnya pintu masuk kedua, di deketnya tempat penitipan baju, tapi agak ke arah belakang menuju parkiran bawah, tapi gak terlalu jauh dari kolam, sekitar 25 m, kamar mandinya banyak, gak antri lama, airnya juga masih hangat. Setelah beres semua, langsung pulang.
Penjual cilok di Cangar
Beli cilok dulu sebelum perjalanan pulang

Gunung Welirang Cangar
Sumber air panas berasal dari belerang di puncak Gunung Welirang

Perjalanan menuju Pemandian Air Panas Cangar
Pemandangan yang tersaji selama menuju pemandian air panas cangar, setelah melewati tempat wisata selecta, indah bukan?
Pulangya lewat alun-alun kota batu, tapi karena sudah capek, langsung pulang saja, ehmmm aku sama kamu sudah ke alun-alun batu belum ya?kamu iya kamu hihihi