Entri Populer

Monday 20 April 2015

Wisata Baru di Malang, Tubing di Ledok Amprong

    Tubing, ada yang sudah tau apa itu tubing?tubing adalah singkatan dari Tube Rafting, main rafting yang menggunakan ban, jadi bisa dilakukan oleh seorang, gak perlu harus berkelompok. Serunya tubing kita sendiri yang ngatur arah ban, mau belok kakan apa kiri, hindari batu, melewati jeram. Setelah searching di google, di malang ada tempat yang bisa untuk tubing, tempatnya di aliran sungai yang berasal dari air terjun coban pelangi. Jadi habis lihat air terjun, turun kebawah, langsung olahraga tubing.
Ayo bermain tubing,mantab broohh
   Karena masih baru, agak sulit menemukan tempatnya, juga karena lupa namanya waktu tanya-tanya yang udah pernah kesana. Jadi kalau dari kota malang, menuju ke arah Pasar Tumpang, terus naik ke arah coban pelangi atau ke arah bromo. Karena dikasih taunya deket coban pelangi, akhirnya kita ke arah coban pelangi. Setelah tempat peristirahatan ngadas, kurang lebih 2 Km di kiri jalan ada tempat rafting. Karena penasaran bener apa bukan, langsung tanya aja ke petugasnya. Setelah tanya-tanya, disana cuma untuk rafting, kalau untuk tubing ada di bawah, di dusun besuki.
   Akhirnya kita turun lagi, kalau dari tumpang, setelah perempatan yang ke kanan ke poncokusumo, kalau lurus ke arah coban pelangi,bromo, ambil arah lurus. Kira-kira 10 menit, setelah memasuki gapura Dusun Besuki, Desa Wringinanom, pelan-pelan jalannya, soalnya penunjuk arahnya gak terlalu kelihatan. Di kiri jalan nanti ada tulisan kawasan perhutani, wana wisata tubing, terus di kanan jalan ada tulisannya Ledok Amprong, lansung masuk gang yang ada tulisannya ledok amprong. Tulisannya cuma satu baris, di tulis di lembar kayu.
Sebelum turun, cuci mata dulu biar seger
   Setelah masuk gang, masuk ke perumahan penduduk, ketemu pertigaan lagi, belok kiri, di arah yang ada tulisannya ledok amprong. Sampai di jalan aspal terakhir, dan rumah penduduk terakhir, mulai masuk jalan tanah, cukup lebar untuk mobil, tapi satu arah kalau mobil. Di kanan sudah nampak perbukitan yang menyejukkan mata. Gak sampai 100 meter, perjuangan menuju ledok amprong di mulai.
Jalan tanah sebelum ke wana wisata
    Setelah ini jalanan turunan, berupa jalan tanah sampai pintu gerbang tempat wisata. Kalau hujan sepertinya licin, harus pelan-pelan mengendarai motornya. Setelah 5 menit penuh dengan kehati-hatian akhirnya sampai juga di wana wisata Ledok Amprong, tempat bermain tubing. Tiket masuk hanya 5 ribu rupiah.
Akhirnya sampai juga
   Setelah beristirahat, saatnya memulai petualangan baru. Ada 3 pilihan untuk bermain tubing.
1. Trip 3 (Rute Pendek): durasi waktu kurang lebih 20 menit, jarak 700 m,biayanya 25 ribu, arusnya gak terlalu ekstrim dan sedikit batu
2. Trip 2 (Rute Menengah):durasi waktu kurang lebih 50 Menit, jarak 1,2 km, biayanya 55 ribu, arusnya lumayan ekstrim, melewati banyak batu
3. Trip 1 (Rute jauh): durasi waktu 2 jam, jaraknya 2,5 km, biaya 125 ribu, dapat makan dan gratis ojek ke tempat start.
    Setelah memakai pelampung dan helm, sama pemandu di beri tahu cara bermain tubing, bagaimana posisi duduk di ban, cara mengendalikan ban, dan sebagianya. Setiap orang dapat 2 pemandu, mereka ada di depan dan belakang kita waktu bermain tubing. Setelah persiapan selesai, kita langsung ke tempat start trip 2, kita milih trip 2, kalau ketagihan boleh kapan-kapan trip 1. Untuk ke tempat start 2 harus jalan ke hulu, jalan di pinggiran sungai, kurang lebih 10 menit sampai juga di tempat start trip 2.
    Istirahat sebentar sebelum memulai petualangan, airnya bening dan cukup dingin brrrr. Setelah tenaga terkumpul, di mulailah petualangan. Urutan pemberangkatan waktu bermain tubing yakni yang pertama meluncur pemandu 1, baru Mega, setelah itu Pemandu 2, Pemandu 3, kemudian aku, baru pemandu 4. Kedalaman air sekitar 50 cm sampai 100 cm. Di tempat yang dalam dan arusnya kuat, pemandu akan berhenti untuk pengamanan seandainya kita terbalik. Jadi dipastikan aman kalau kita mengikuti instruksi.
Mantappppp
    Aku meluncur terakhir, ladys first hehehe. Menurut instrukturnya, kita harus selalu ,menghadap kedepan, tapi begitu melewati jeram pertama, ban sudah muter, mau menghadap depan udah ketemu jeram lagi, akhirnya ngikuti arus saja, boleh teriak ketika melewati jeram hahahah. Setiap di tempat yang dalam dan jeram yang agak berbahaya, kita di hentikan dulu, nunggu pemandu bersiap-siap. Setelah pemandu di posisinya, saatnya meluncur dan hyaaaaaaaaaaaaaa kalau gak terbalik silahkan teriak, kalau terbalik cepetan bangun trus teriak hahaaha.
Uyeeeeeee
Beningg


   Kurang lebih 50 menit andrenalin kita akan di pacu, tapi karena sesekali di guyur dinginnya air sungai jadi gak berasa. Boleh dijadikan tujuan destinasi wisata. Kalau yang sudah tua atau takut boleh di coba trip 3. Selamat berpetualang.

Bonus: Habis dari Tubing, maen ke candi kidal
Candi Kidal


Rute: Dari pasar Tumpang, pertigaan yang ada tugunya, belok kiri ke arah Bromo/Coban Pelangi
         Perempatan yang ke kanan ke poncokusumo, ambil arah lurus ke arah Bromo/Coban Pelangi
          Kurang lebih 10 menit, masuk desa Besuki, Waringin Anom, mulai pelan-pelan, cari papan kecil yang ada tulisannya Ledok Amprong



Malang, 10 April 2015


                                                                                                                        Nega
    

   

6 comments:

  1. maaf baru lihat komentar, sudah ke Ledok Amprong?

    ReplyDelete
  2. Untuk kontak ledok amprong ada yg punya?

    ReplyDelete
  3. Untuk kontak ledok amprong ada yg punya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh pin BBnya ilang, habis di benerin hpnya kontaknya ilang semua.., bulan kemarin saudaraku juga habis dari sana

      Delete
  4. parkir 5 ribu+tubing 55 ribu (kalau rute jauh 125 ribu), totalnya 60 ribu, dapat bonus kopi, tapi itu tahun kemarin, paling ya tidak jauh beda

    ReplyDelete