Entri Populer

Sunday 23 December 2012

Pantai Bajul Mati

Bulan oktober 2012, untuk kedua kalinya harus ke bajul mati lagi. Nemenin fajar ngambil helm yang ketinggalan. Rencananya hari minggu pagi berangkat, tapi hari sabtunya tiba-tiba badan panas, bisa-bisa tidak jadi berangkat. Akhirnya sabtu sore sudah istirahat biar besoknya bisa jalan-jalan , Pantai bajul mati sendiri berada di sumbermanjing wetan, kurang lebih 58 km dari kota malang. Masih satu garis pantai dengan sendang biru dan pantai gua cina. Perjalanan yang di butuhkan kira-kira 2 jam.

Minggu pagi, dah agak baikan. Setelah menjemput temen terus sarapan, langsung berangkat. Janjian ketemuan dengan fajar di perempatan galunggung. Sebelumnya mampir di indomare*t terlebih dahulu buat cemilan di sana, juga buat oleh-oleh yang jaga helm.
Setelah logistik selesai, perjalanan pun di mulai. Rute awal masih dalam kota. Oh iya start perjalanan di mulai dari universitas brawijaya menuju gadang, masih dalam kota. Setelah gadang lurus terus sampai ketemu pertigaan, kalau lurus ke kepanjen, sedangkan kalau belok kiri ke bululawang. Nah kita belok kiri.
Setelah belok sudah masuk kabupaten malang, tapi masih jauh dari pantai bajul mati hehe. Jalannya cukup lebar dan bagus, ikuti jalan terus sampai turen. Di papan penunjuk jalan sudah ada arah penunjuj jalan jadi tidak akan tersesat. Setelah sampai di pertigaan pabrik gula krebet belok kiri. Di sini jalannya padat, jadi harus hati-hati. Setelah melewati pabrik gula ikuti penunjuk arah yang menuju banyuwangi.
Melewati pasar turen, sampai di pertigaan pabrik pindad, belok kiri setelah itu kira-kira tidak sampai 1 km belok kanan. Ikuti penunjuk arah yang menuju ke sendang biru yang penting. Setelah belok kanan perjalanan akan semakin seru, biasa kalau mau ke pantai di malang harus melewati bukit dulu, kalau ke bajul mati harus melewati tiga bukit.
Setelah belok kanan jalannya masih lurus dan lebar. Di kanan kiri akan mendapati tempat menyimpan batu kapur. Kira-kira 5 km jalan berkelok-kelok dan naik turun di mulai. Jalan sudah agak sempit jadi harus hati-hati.
Pantai Bajul Mati
Masih banyak rumah-rumah di jalur yang di lewati, kalau tidak ada truk bisa lancar perjalanannya, kalu ada truk yang di depan harus sabar, juga mesti hati-hati dengan belokan yang tajam. Setelah sekitar 30 menit akhirnya bukit pertama terlewati. Kembali menemukan jalan lurus. Tapi tidak lama, bukit selanjutnya ada di depan mata. Bukit yang kedua langsung trek naik yang agak panjang, dan bukit kapur yang kita lewati. Setelah itu turunan dan tanjakan yang ada.Sekitar 30 menit bukit kedua terlewati, ikutin penunjuk arah yang menuju sendang biru, setelah beberapa km kita akan melewati pasar. Tempat teramai yang terakhir di lewati, karena habis ini cuma ada hutan di kanan dan kiri. Setelah melewati pasar belok kanan, nanti di kanan jalan ada spbu.
Perjalanan pun di lanjutkan lagi, melewati bukit terakhir dan hutan, perjalanan cukup lancar dan jalan sepi. Sesekali menemukan kendaraan yang berlawanan arah. Nanti di sebelah kiri ada gapura menuju pantai tamban, tapi kita masih lurus terus. Sebentar lagi sampai.
Setelah beberapa saat akan menemukan pertigaan, kalau lurus menuju sendang biru, kalau kanan ke bajul mati. Penunjuk arahnya dari jauh tidak kelihatan. Setelah belok kanan ikutin jalan yang lurus bukan yang naik.
Jembatan mau ke Bajul Mati
Sekarang jalannya sangat lebar dan bagus. Sekitar 15 menit perjalanan akan menemukan jembatan bajul mati, foto-foto sebentar di jembatan sambil istirahat. Kalau melihat di kiri, ada muara yang mempertemukan air sungai dan air laut, kira-kira ada buayanya tidak ya hihi.
Setelah foto-foto lanjut lagi, nanti kita akan menemukan jalan menuju pantai gua cina, tapi kita lurus terus. Setelah 10 menit akan menemukan pantai, itu pantai ungapan. Dari jalan kelihatan ombak pantai selatan. Perjalanan di lanjut lagi, tidak sampai 2 km, pantai bajul mati menyambut kita. Di pantai bajuk mati banyak rumah penduduk daripada di ungapan. Setelah parkir motor dan mengambil helm, saatnya main air hihi.
Bajul mati, seperti kebanyakan pantai selatan ombaknya besar, tidak ada karang-karang. Jadi langsung behadapan dengan ombak yang besar, tidak disarankan mandi dan bermain sampai agak ke tengah. Pantai bajul mati completed

Malang, 23 Desember 2012

Awan Jingga

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!