Entri Populer

Tuesday 29 March 2016

Tutorial menggunakan Mendeley

Cara menggunakan Mendeley

Apa itu Mendeley? aku baru tahu Mendeley juga baru sebulan ini sejak cinta sibuk dengan berbagai macam tugas, baik review jurnal internasional, tugas menulis, atau membuat paper. Ada bagian kecil, namun juga sangat berpengaruh dalam tugas tersebut, yakni dalam penulisan in note dan daftar pustaka. Selama cinta kuliah S2 di Fakultas Psikologi Sosial Universitas Indonesia, menggunakan in note dan daftar pustaka masih tradisional, apa lagi jurnal internasional yang pasti daftar pustakanya belum ada yang nulis.
Nah, beberapa hari yang lalu, di beritahu sama temen sekelasnya, ada software yang bisa otomatis dalam membuat daftar pustaka, bisa di gunakan secara online juga, jadi ketika ada jurnal internasional, setelah di masukkan dalam mendeley, pengaturan daftar pustakanya, baik nama, judul, tahun, penerbit sudah tertata, tinggal milih mau menggunakan format American Psychological Association 6th edition, atau Havard Format, bebas memilih sesuai aturan di fakultas masing-masing.
My Library di Mendeley
Mendeley punyanya cinta


Nah setelah menggunakan Mendeley, membuat daftar pustakanya lebih bagus dan lebih cepat, ribet di awalnya saja kalau jurnalnya waktu di masukkan ke mendeley dan masih ada nama, apa judul yang perlu diperbaiki, setelah itu tinggal enaknya saja, tinggal klik insert citation di refences.

Oke langsung saja kita tutorial menggunakan mendeley

1. Download dan install software mendeley di disini
2. Konfigurasi mendeley dan microsof word, jika sudah tampilan microsoft wordnya seperti di bawah ini
Microsoft Word yang sudah di konfigurasi dengan Mendeley
Di References sudah ada tool Mendeley
        3. Jika sudah mengetik tugas dan perlu ada in note di paragraf, langsung klik Insert Citation
Insert Citation
Klik Insert Citation
       Lalu akan muncul box yang akan membuka ke Mendeley
Klik Go To Mendeley
Langsung Klik Go To Mendeley
   4. Masuk di My Library Mendeley, tinggal pilih jurnal/buku/sktipsi/tesis yang akan dikutip. Disini saya memberi contoh mengutip jurnal dari E. Kross dengan Self-talk as a regulatory mechanism: how you do it matters, keterangan mengenai nama pengarang, judul, tahun terbit sudah benar gak perlu di edit, setelah itu klik Cite
yang dikutip lewat Mendeley

   Setelah itu di tulisan yang telah kita buat otomatis akan muncul innote seperti di bawah ini
Innote dari Mendeley

   5. Untuk memasukkan daftar pustaka, tinggal klik Insert Blibliography
Insert Blibiography di Mendeley


   Dan di daftar pustaka tampilannya seperti di bawah ini, dengan menggunakan style American Psychological Association 6th edition

 Demikian tutorial menggunakan Mendeley semoga bermanfaat, oh iya saya menggunakan Mendeley Versi 1.15.3
Depok, 29 Maret 2016

Awan Jingga 





No comments:

Post a Comment