Entri Populer

Thursday 10 March 2016

Gerhana Matahari Total

Menjadi saksi sejarah Gerhana Matahari Total 2016

Beruntung di tanggal 9 Maret 2016, kita bisa menyaksikkan Gerhana Matahari Total, yang akan terulang lagi 350 tahun lagi. Dan Gerhana Matahari terjadi terakhir pada tanggal 1983. Daerah di Indonesia yang bisa menyaksikaan Gerhana Matahari Total ada di palembang, bangka, palangkaraya, ternate dll, dan daerah lain bisa menyaksikkan meskipun tidak sepenuhnya. Beberapa hari sebelum tanggal  09 Maret 2016 bertebaran info mengenai kapan mulai dan berakhirnya Gerhana Matahari, juga daerah-daerahnya. Bahkan ada yang mengadakan sejenis konser musik untuk melihat Gerhana Matahari.
Bahkan ada serombongan wisatawan satu pesawat dari thailand yang sengaja ke Makasar untuk melihat Gerhana Matahari Total. Beruntung memang kondisi geografis Indonesia yang berada di daerah khatulistiwa sehingga bisa menyaksikkan salah satu fenomena alam yang tak lain dan tak bukan untuk mensyukuri kekuasaan Tuhan. Dan di pihak lain, juga bertebaran berbagai macam info mengenai tata cara sholat Gerhana. Di agama islam diajarkan tata cara sholat gerhana, baik gerhana Matahari atau bulan. Karena jarang terjadi Gerhana Matahari dan terakhir terjadi pada Tahun 1983, sehingga banyak bertebaran cara sholat Gerhana Matahari.
Gerhana Matahari 9 Maret 2016
Gerhana Matahari 2016



Saat terjadi Gerhana Matahari, ini aku sudah ada di Jakarta, Depok lebih tepatnya. Jauh sebelum ke Depok, sudah ada berita, tapi gak segencar beberapa hari sebelum tanggal 9 Maret, bahwa akan ada Gerhana Matahari, wah kupikir bisa lihat di Depok. Kesempatan langka, dan perdana melihat Gerhana Matahari di perantauan. Kebetulan juga tanggal 9 Maret 2019 hari libur nasional karena bertepatan dengan Hari Raya Nyepi, Gerhana Matahari juga terjadi mulai pukul 06.21-08.21 WIB. Jadi bisa nonton dimana gitu kan.
Tapi kenyatannya, pagi jam 05.15 WIB, habis subuh, waktu masih leyeh-leyeh sama cinta, ada pengumunan dari Mushola deket rumah, Mushola Al Ikhlas kalau mau mengadakan sholat Gerhana Matahari, mulai pukul 06.30 WIB. Akhirnya ikut sholat Gerhana di Mushola,sekalian silaturrahim sama jamaah di mushola, biar kenal, kan baru pindah. Jam 06.05 WIB mandi, ganti baju, terus berangkat sendiri, cinta jaga rumah yaaa weeeekkkk. Tadi sebelum mandi sempat lihat di teras Mushola di pasang terpal untuk sholat, wah sepertinya ramai.
Gerhana Matahari
Gerhana Matahari

Gerhana Matahari
Gerhana Matahari

Jam 06.30 WIB pak Ustad sudah datang, setelah 10 menit pak ustad memberikan pembukaan sebentar, yang intinya habis ini InsyaAllah akan dilaksanakan Sholat Gerhana, terus ceramah. Mengenai waktunya masih nunggu kabar dari Gurunya dan dari teman-teman yang lain. Tapi dilihat di luar, masih terang, tapi tidak seterang biasanya dan tidak segelap di daerah yang terkena gerhana matahari total. Suasananya juga sepi gimana gitu, gak ada angin, pohon-pohon rasanya diam, daun-daun gak bergerak, entah perasaan ku apa bukan. Jam 07.00 WIB para jammaah sudah mulai agak gak tenang, kok belum mulai-mulai ya, aku juga mulai bertanya-tanya kapan mulainya, pingin buru-buru lihat fb apa instagram, hasil tangkapan momen yang bersejarah.
Dan baru pukul 07.15 WIB sholat gerhana matahari di mulai, setelah itu di lanjutkan dengan ceramah, yang intinya hikmah dari adanya Gerhana Matahari, dan dasar hukumnya sholat Gerhana Matahari yang pernah terjadi di zaman nabi. Alhamdulillah jam 08.00 WIB selesai semua, mau pulang ternyata ada acara makan-makan,Alhamdulillah. Tapi aku makannya dikit soalnya cinta tadi masak, kalau gak ditemenin nanti ngambek hihihi, jadi makan sedikit, dirumah makan sedikit
berikut beberapa hasil tangkapan gerhana matahari total yang ada di FB Gerhana Matahari Total

Depok, 10 Maret 2016


Awan Jingga

No comments:

Post a Comment