Entri Populer

Thursday 12 June 2014

Kereta Api

Kereta api, salah satu moda transportasi yang murah dan merakyat di negeri ini. Sebelumnya jarang naik kereta, maklum g ada keperluan yang mengharuskan naik kereta. Saudara kebanyakan di malang sendiri, jadi cukup naik motor, kakak ku di jember, kalau maen ke jember kalau g naik motor y naik mobil.
Tapi perubahan terjadi ketika harus interview ke Jakarta. Tau sendiri proses interview  g langsung selesai. Tes dulu,dll, baru pengumuman ketrima apa g. Nah akhirnya harus sering ke jakarta, biar murah akhirnya naik kereta.
Naik kereta api sekarang sudah lebih baik daripada beberapa tahun yang lalu. Diantaranya pemesanan tiket. Waktu saudara ke jakarta, q mengalami 3 cara pembelian tiket kereta api.

1. Pesen di Indomaret
    PT. KAI menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka penjualan tiket kereta api secara online, salah satunya di indomaret. Jadi tidak harus ke stasiun dan antri lama untuk pesen tiket.
   Caranya cukup mudah, cuma perlu datang ke kasir, terus bilang pesen tiket kerta api. Namti di tanyain berangkat dari stasiun mana, tujuan, tanggal berangkat. Setelah itu, dapat struk yang ada no pemesanan tiket. Struk tadi langsung di tukarkan di stasiun, maksimal 2 jam sebelum keberangkatan.

2. Mesin I-KIOS
    Adek g sekali dalam sebulan ke jakarta, akhirnya pesen tiket lagi. Nah kali ini ke indomaret lagi di daerah sumber sari. Pagi sekitar jam 8, datang ke kasir,tanya bisa pesen tiket kereta api. Masnya langsung nunjuk ke mesin di sudut indomaret. Di depanku ada orang yang mau beli pulsa, tapi sepertinya orangnya juga bingung, akhirnya dia pergi g jadibeli pulsa.
      Nah akhirnya giliran ku. Pertama yang terlihat, monitor, g ada keyboardnya. Pertama q pegang dulu mesinnya, sapa tau ada tombol buat nyalain. Diraba-raba tapi g ada tombolnya, mau tanya tapi mas kasirnya masih repot. Dengan penuh keberanian, monitornya tak sentuh. Jreng jreng akhirnya nyala juga nih mesin hahahaha. Sekarang zamannya touchscreen bung!!!!!!
     Langsung pilih menu tiket kereta api, nanti ada pilhan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, jadwal keberangkatan. Kalau sudah tinggal ngisi data penumpang, jangan sampai salah nama sama no ktpnya. Setelah itu keluar struk untuk di tukar di kasir, baru melakukan pembayaran, kode pemesanan baru keluar.
      Tapi kekurangannya setiap jam 12 malam sampai jam 8 pagi, sistemnya g jalan. Jadi g bisa melakukan pemesanan di jam itu.
3. Pesen Online
    Berhubung tiket lebaran bisa di pesen 90 hari sebelumnya, pesen tiket lewat i kios tidak bisa dilakukan. Jadi jam 12 malam bahkan sebelumnya sudah standbay di warnet. Awalnya takut pesen tiket online, takutnya penipuan, harus transfer ke rekening, dll. Tapi kenyataannya tidak seperti itu hehehe. klik disini untuk pesan tiket.


Eetelah memasukkan stasiun tujuan dan stasiun keberangkatan, jumlah penumpang nanti akan dii tampilkan kereta yang masih kosong, kalau sesuai tinggal pilih booking.

setelah itu mengisi data penumpang, usahakan tidak ada kesalahan. Waktu yang di berikan untuk mengisi biodata 9 menit.

Setelah kode reservasi akan dikirimkan lewat email. Pembayaran bisa di lakukan lewat atm. Mudah bukan, itu  kalau hari biasa, waktu pesen tiket lebaran, webnya PT KAI down, g bisa di akses. Nunggu sampai jam 3 pagi baru bisa, kereta yang murah meriah udah habis, akhirnya beli tiket  kereta eksekutif hihihi. Batas antara reservasi online dan pembayaran 3 jam, setelah melakukan pembayaran lewat atm, struknya di tukar di stasiun.
kalau websitenya pt KAI lagi down, pesennya bisa lewat bisa pesan lewat sini. Mudsh bukan, salam satu rel.

Malang,110614

Novan RP






No comments:

Post a Comment