Entri Populer

Saturday 14 June 2014

Busi bukan Gusi

Pernah suatu kali, hujan-hujan mau ke kosnya temen buat ngajak main game. Nunggu agak reda dikit, pakai jas hujan, starter motor, eh motornya g nyala-nyala. Bensin masih ada. Pakai starter kaki, tetep g nyala, malah meledak-ledak kayak petasan waktu puasa, boleh di coba nanti, petasan terbaru paling aman, cuma modal kaki hahaha. Akhirnya nyerah, . 
Suatu saat kemudian, enak-enak naik motor, berhenti di lampu merah. Nunggu sekitar 68 detik. Kurang 5 detik, siap-siap ngegas, eh tiba-tiba motor mati. Di stater g nyala, terpaksa dorong sampai kosan, kurang lebih 3 km. Kenapa di dorong ke kosan, selain udah deket, juga tidak nemu bengkel.
Dari kedua kejadian tersebut, sebagai pemilik kendraan, setidaknya kita punya feeling, kira-kira apa penyebab motor kita mogok. Dari kedua kejadian tersebut, q punya feeling, penyebab motor mogok karena busi. Iya kamu, busi bukan gusi. Jadi ketika motor mogok, tenang dulu, jangan muterin motor mu sambil nari hula-hula, terus megang stang motor sambil teriak histeris "kamu kenapa?kamu gpp" Sadar, itu motor, meskipun cewek kalau ditanya seperti itu sama diamnya hehehe.
Oke, cara mengatasi motor mogok yang kemungkinan busainya sudah mati:
1. Keluarin STNK
    Iya keluarin stnk, bukan anggota badan (emang naik bus) . Kenapa? Biar g di kira pencuri, nyalain motor dari tadi kok g nyala, nanti dikira pencuri.
2. Amankan motor
    
     Iya amankan motor, maksudnya ketika motor mogok di tengah jalan, di dorong ke pinggir dulu. Jangan mencoba memperbaiki di tengah jalan, ini bukan jalan nenek moyangmu.
3. Cek aki, bensin
    Motor tidak nyala, kemungkinannya ada 3. Pertama aki nya mati, kedua bensinnya habis,ketiga businya mati. Tapi ini tidak berlaku untuk motor yang di modifikasi. Oke, kalau aki mati, cukup starter pakai kaki, pasti nyala meskipun aki mati. Kalau g cukup di cek dengan nyalain klakson. Kalau klaksonnya kenceng suaranya, akinya g ada masalah. 
     Inget-inget kapan terakhir kali ngisi bensin, jangan inget cuma angka 29, 36 (itu ukuran celana sama sepatu cewek gue, bukan no togel broooo).  Kalau perlu buka tangki motor, terus dengerin lagu dangdut sambil goyang, kalau masih ada bensinnya pasti bunyi.
4. Cek busi
    Kalau dua hal di atas g ada masalah, kemungkinan yang bikin mogok businya. Kalau hujan, busi biasanya basah, kalau g da hujan, berarti businya mati. Jadi bawa saja ke bengkel, terussss???????? Hehehehe, kalau akhirnya di bawa ke bengkel ngapain nulis panjang-panjang. Oke, begini cara mengganti busi:
   A. Beli busi
       Makanya, tadi motor ku q bawa ke kos, pinjem motor buat beli busi. Tapi kalau businya baru beli, mungkin cuma kotor jadi cukup di bersihin saja.
   B. Lepas busi
      Berhubung motorq honda fit x, ganti busi harus nglepas sayap dulu. Motor udah di kos jadi nyantai bisa nglepas sayap, kecuali masih di jalan pasti g sempet. Setelah itu, siapkan kunci busi.

    Cukup mudah bukan nglepasnya, setelah di lepas, cek kepala busi. Kalau sudah saatnya di ganti, langsung ganti. Setelah d ganti yang baru, d coba dulu, setelah bisa di bereskan semuanya. Mudah kan, dan selamat berkendara lagi.

Novan RP

2014

No comments:

Post a Comment