Entri Populer

Sunday 13 January 2013

Sepak bola

Setelah beberapa bulan sepi, sekarang tiap sabtu-minggu di salah satu tayangan tv dari jam 15.30 dan 18.30 kita sudah bisa menyaksikan salah satu tontonan olahraga yang begitu populer dan mendarah daging. Yel-yel dan gemuruh kembali terdengar, apa lagi komentatr dari komentatornya yang begitu jegeeeeerrrrr. Apalagi kalau bukan sepakbola. Kompetesi dalam negeri yang mulai bergulir pada tanggal 6 januari 2013, menyuguhkan pertandingan klub-klub sepak bola indonesia dari ujung timur sampai ujung barat.
Di sini tidak akan di ceritakan, mana yang benar mana yang salah antara IPL dan ISL, pasti semua sudah tau mana yang benar mana yang salah, atau masih bingung. Silahkan memilih, karena secara tidak langsung kita juga jadi korban dari kepentingan elite penguasa PSSI. Kembali ke pertandingan, klub yang berlaga di ISL berjumlah 18 klub dengan sistem kompetesi penuh, dan berlangsung home and away. Sehingga kurang lebih kompetisi ini akan berjalan 10 bulan, tapi pasti di potong puasa jadi 1 tahun kira-kira.
Peserta terdiri dari 15 klub dari kompetisi tahun kemarin dan 3 klub yang promosi dari divisi utama, rata-rata tiap provinsi ada klub yang bertanding, ada juga yang lebih dari 1 di tiap provinsi. Jadi bisa di bayangkan ramainya kalau dalam 1 hari ada pertandingan apalagi kalau dalam 1 kota ada 2 club yang bermain kandang dan kotanya berdekatan. Pasti ramai dan sangat macet. Yang menarik, di jawa timur sepanjang jalur dari kediri sampai surabaya, bahkan madura terdapat klub sepakbola yang bermain di kasta tertinggi di indonesia, di ISL maupun divisi utama. Dimulai dari persik kediri, pernah bertanding di Liga Indonesia (ISL dulu), julukannya macan putih dan saat ini bermain di divisi utama. Lanjut ke kota blitar, ada klub PSBL Blitar dengan julukan singo lodro, bermain di divisi utama.
Lanjut ke kota malang, ada 2 klub sepak bola, Arema dengan aremanianya dan persema. Saudara yang kalau partai deby berlangsung panas. Tapi sekarang bertambah lagi dengan adanya arema IPL, persema juga pindah ke IPL. Lanjut ke pasuruan, pesekabpas pasuruan pernah bermain di liga indonesia namun terdegradasi dan bermain di divisi utama. Lanjut ke kota sidoarjo, deltras sidoarjo dengan julukan the lobster tahun kemarin bermain di ISL namun terdegradasi. Lanjut ke kota surabaya, dengan julukan bajul ijo sudah lama bermain di liga indonesia, tapi terdegdrasi ke divisi utama. Namun persebaya IPL bertanding di IPL.
Lanjut ke kota gresik, persegres, hampir terdegradasi namun masih bertahan di ISL musim ini. Lanjut ke lamongan,  Persela lamongan. Dan terakhir persibo bojonegoro. Laskar angling dharma, sempat bermain di ISL namun berpindah ke IPL.
Banyak juga y, kota mu ada si salah satunya apa di luar itu?tenang rivalitas hanya waktu di pertandingan, lebih dari itu biar di sikapi masing-masing orang.
Malang, 13 Januari 2013

NRP
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!





No comments:

Post a Comment