Entri Populer

Sunday 10 August 2014

Ikan Tuna Goreng ala Chef Novan

   Waktu hari raya kemarin dapat ikan tuna dari saudara, baru dimasak 3 hari setelah di kasih. Yang biasanya masak kakak., tapi kakak ku sudah pulang ke rumah suaminya jadi gak sempat dimasak. Akhirnya iseng mau mengolah ikan tuna.
Ikan Tuna
   Setelah dikeluarkan dari kulkas, terus di taruh di meja. Lumayan berat, sekitar 2 kg. Samasekali gak bisa masak, selain masak air, masak mie, popmie, masak nasi di ricecooker. Setelah di lihat-lihat, sepertinya enak di buat tuna saus tiram, tuna bakar saus kecap pedas, rica-rica ikan tuna.

   Mengingat cumq bisa masak air putih, akhirnya gak jadi masak yang aneh-aneh, cuma di bikin jadi tuna goreng. Ya cuma ikan tuna yang di goreng dengan minyakgoreng.
    Bahan untuk membuat ikan tuna goreng: ikan tuna, 5 siung bawang putih, ketumbar secukupjya, kunir secukupnya, jahe secukupnya, garam secukupnya. Bumbu ini dibuat berdasarkan perkiraan. Awalnya tidak ada jahe, tapi ibu bilang harus di tambah jahe biar gak amis. Akhirnya aku ngalah, di tambahin jahe di bumbunya. Semua bumbu di haluskan dan di kasih sedikit air.
     Kalau cuma menggoreng ikan seperti mujair, tongkol, lele, tinggal di masukan ke wajan. Berhubung ikan tunanya sebesar itu harus di potong dulu. Nah disini mencoba untuk pertama kalinya memfillet ikan. Kurang tau teknik yang benar  dalam memfillet ikan, jadi langsung percobaan. Yang di perlukan pisau yang tajam. Di rumah tidak ada pisau yang tajam, jadi agak susah memfilletnya.
   Cara memfillet ikan tuna, yang pertama di mulai dari ekor, di potongan mendatar sampai kepala. Jangan sampai terkena durinya biar hasilnya bagus. Pisaunya kurang tajam, tidak bisa sekali jalan, harus diiris iris terlebih dahulu. Setelah difillet, potong kecil-kecil, lalu di masukkan ke bumbu. Tadi waktu habis difillet, ikan tunanya di coba sama ibu, menurutnya ikan tunanya enak hihihi.
     Setelah bumbu rata, panaskan wajann yang telah dimasukan  minyak goreng, setelah panas masukkan ikan tuna yang telah dikasih bumbu. Tunggu beberapa menit sampai matang . Warna ikan tuna pertama kali kemerahan, terus putih. Setelah matang warnanya seperti warna ayam goreng.
    Dan taraaaa akhrirnya jadi "Ikan Tuna Goreng" ala chef Novan_RP . Setelah di cobal rasanya agak pahit hahaha. Entah bumbunya yang keliru atau waktu menggoreng. Tapi berhubung lapar akhirnys habis juga ikan tunanya :D
Ikan Tuna Goreng


Malang , 10 Agustus 2014


No comments:

Post a Comment